You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
WAKTU PELAYANAN KANTOR : SENIN - KAMIS PKL 07:30-15:30 WITA, JUMAT PKL 07:30-12:00 WITA detail

Desa Adat Punggul Gelar Ritual "Ngerebeg" Penolak Bala

Administrator
Dilihat 487 Kali
26 Desember 2019
Desa Adat Punggul Gelar Ritual

Punggul, PIC - Desa Adat Punggul, Kecamatan Abiansemal Menggelar Ritual "ngerebeg" bertepatan pada hari kamis(26/12) siang. Ngerebeg adalah sebuah tradisi atau ritual penolak bala di Bali yang biasanya dilaksanakan saat piodalan dan hari raya berlangsung.

Seperti halnya di Desa Punggul, ritual ngerebeg ini merupakan simbol kehadiran bhutakala atau wong samar pada diri manusia, untuk selanjutnya dinetralisir, menghilangkan sifat buruk.

Ritual Ngerebeg ini diyakini mempunyai makna sebagai upaya untuk menetralisir sifat negatif manusia (Sad Ripu) seperti kama atau hawa nafsu yang tidak terkendali menjelang Upacara Piodalan.

Menurut Jero Bendesa Adat Pungul, I Nyoman Murjana adanya prosesi ngerebeg di Desa Adat Punggul sengaja digelar untuk memohon keselamatan dan kerahayuan jagat.

"Tradisi Ngerebeg ini adalah bagian dari piodalan di Pura Prajapati. Tujuannya tiada lain untuk memohon keselamatan dan kerahayuan di Desa Adat Punggul" Ujarnya. Tradisi ini digelar di wewidangan lima Banjar Desa Adat Pungul.

Komentar

Komentar anda akan terbit setelah di setujui oleh Admin.

CAPTCHA Image