You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
WAKTU PELAYANAN KANTOR : SENIN - KAMIS PKL 07:30-15:30 WITA, JUMAT PKL 07:30-12:00 WITA detail

Penyelamatan Naskah Kuno Warisan Leluhur

Administrator
Dilihat 167 Kali
19 Agustus 2022
Penyelamatan Naskah Kuno Warisan Leluhur

 Kegiatan Konservasi lontar sebagai upaya penyelamatan naskah-naskah sastra kuno warisan leluhur dilaksanakan di Griya Gede Punggul, lontar milik Ida Ayu Sasih yang terletak di  Banjar Trinadi, Desa Punggul, Abiansemal, Badung. Jumat 19 Agustus 2022.

Perbekel Desa Punggul Kadek Sukarma, SM mengatakan perkembangan zaman dan teknologi saat ini membuat sastra lontar mulai ditinggalkan, bahkan banyak yang akhirnya disimpan begitu saja tanpa dirawat, isinya jarang sekali ada yang berminat untuk membaca dan  mempelajari

"Lontar bagi masyarakat Bali pada zaman dahulu merupakan salah satu sumber kesusastraan yang memuat tulisan tentang ilmu pengetahuan. Para leluhur Bali menuliskan dalam bentuk lontar dengan harapan generasi berikutnya dapat mewarisi ilmu pengetahuan dari para leluhurnya" ujarnya

Ia menambhkan lontar-lontar kuno warisan leluhur perlu untuk dilestarikan.  Salah satu upayanya adalah melaksanakan kegiatan konservasi lontar. 

"Kegiatan ini diisi dengan melakukan perawatan fisik lontar dan melakukan identifikasi jenis lontar yang dirawat. Mengingat usia lontar semakin tua akan semakin berpotensi rusak apalagi tidak dilakukan perawatan sebagaimana mestinya. 

"Pemerintah Desa Punggul sangat mendukung upaya pelestarian naskah kuno. Saya mengucapkan terimakasih kepada Penyuluh Bahasa Bali  yang sudah melakukan konservasi lontar di desa Punggul" terangnya.


Penulis : Penyuluh Bahasa Bali Desa Punggul
Editor : KIM Desa Punggul

Komentar

Komentar anda akan terbit setelah di setujui oleh Admin.

CAPTCHA Image